Friday, March 6, 2009

detak jantung cepet!

jadi detak jantung gue itu lebih cepet dari orang biasa. kalo orang biasa tuh kan normalnya antara 60-80 kali per menit pas lagi nyantai, kalo gue, lagi tiduran aja bisa sampe 95 kali per menit. kalo sedikit tegang.. sedikit, bisa 110an gitu. sedikit menyeramkan bukan?

waktu itu pernah nanya dokter, terus dia bilang suru cek kelenjar tiroid nya gitu deh. terus pas di cek di internet, gw menemukan hal-hal ini.
Hipertiroidisme bisa disebabkan oleh tumor hipofisa yang menghasilkan terlalu banyak TSH, sehingga merangsang tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan.

Pada hipertiroidisme, apapun penyebabnya, terjadi peningkatan fungsi tubuh:
- Jantung berdetak lebih cepat dan bisa terjadi kelainan irama jantung, yang bisa menyebabkan palpitasi (jantung berdebar-debar)
- Tekanan darah cenderung meningkat
- Penderita merasakan hangat meskipun berada dalam ruangan yang sejuk
- Kulit menjadi lembab dan cenderung mengeluarkan keringat yang berlebihan
- Tangan memperlihatkan tremor (gemetaran) halus
- Penderita merasa gugup, letih dan lemah meskipun tidak melakukan kegiatan yang berat
- Nafsu makan bertambah, tetapi berat badan berkurang
- Sulit tidur
- Sering buang air besar, kadang disertai diare
- Terjadi perubahan pada mata : bengkak di sekitar mata, bertambahnya pembentukan air mata, iritasi dan peka terhadap cahaya. Gejala ini akan segera menghilang setelah pelepasan hormon tiroid terkendali, kecuali pada penyakit Graves yang menyebabkan gangguan mata khusus.


dan dari web2 lain jg kira2 sama lah, tp ciri2nya ada yg kurang nih yg gw kasih. nah, berdasarkan hal tersebut, gw menderita beberapa ciri-cirinya, jantung berdetak lebih kencang, telapak tangan lembap, tangan gemeteran halus, merasa gugup walaupun ga ngapa2in, napsu makan ada tp berat badan ganaekgaturun, siklus menstruasi abnormal; sampe sekarang gw uda berenti 3 bulan gt.

dan kemaren murid bokap gue yg kardiologis itu ngecek detak jantung gw terus leher gue (kelenjar tiroid) dipegang2 gitu. terus dia suruh cek darah. dan tadi siang gue uda cek darah di biomedika sono. jadi disuru cek t3, t4, sama tshs. terus pas abis diambil gue jadi pusing gitu, mual2, aaaa! padahal cuma diambil 4cc. ahhaha. kacau. yah hasilnya keluar besok. mudah2an gue gapapa. hahahaha.

7 comments:

bertania lukman said...

ya ampun nai! ngeri amat.. gak akan kenapa2lah,jangan terlalu parno,hahaha,mungkin cuma kebetulan aja gitu. doa doaa..besok kabarin gw ya hasilnyee.

Sesarini Hambali said...

hahaha, amin ta amin. doakan sohib mu ini ya. ahiuahiuaha.

Gylda said...

aaa, serem juga ya lu naii..
semoga ga knapa2,,
gw dulu juga suka gemetaran ampe ke dokter syaraf gw! haha

Sesarini Hambali said...

ahahah! makasih ya gilda.
itu gemeteran kata dokternya kenapa gil? kita sama2 serem

Gylda said...

hahhaa, gag jelas, bangun pagi2 bisa geter2 tangan gw, trus siang2 juga, kalo abis kerja berat sih iya, nah ini ga ada apa apa! hahah
mana di takut2in ma nenek gw, huhaaaha, gw langsung ke RS PIK,cek darah total ampe abis 1 jutaa!! trus minum vitamin syaraf, huhaha

Karina Nathania Santoso said...

g bru buka blog lu lg nai.g kira lu dah lama ga ngeblog gt.hahahha.jd apa kabarnya itu?

nidyawiguno said...

gile gile gile jadi bagaimana? semoga tdk apa2. inget ga sih yang kita ke kelas berta terus taro tangan di kertas gt. kalo merah artinya apa kalo biru artinya apa.. pantes ya lu dibilangnya stress gt. semoga gada apa2!!!!



btw,
G.I.L.D.A said...

aaa, serem juga ya lu naii..
semoga ga knapa2,,
gw dulu juga suka gemetaran ampe ke dokter syaraf gw! haha


AHAHHAA ayan kali si gilda hwhauhwuahwuaw peaceeeee (^ o ^)v